Cara Membuat Wingko Babat Khas Semarang

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 04, 2014
Bila anda berkunjung ke pusat perbelanjaan di daerah Jawa Tengah, tentunya anda menjumpai Aneka Kue Khas yang tersedia disana. Salah satunya yaitu Kue Wingko Babad. Kue Wingko babat adalah makanan Khas dari daerah Jawa Tengah. Wingko babat selain mempunyai rasa yang enak dan nikmat sehingga banyak orang yang suka dan menjadikan jajanan tersebut sebagai oleh-oleh. Mungkin anda penasaran dengan proses pembuatan wingko babat? Proses pembuatan kue wingko babat tidaklah sulit, dan bahan yang dibutuhkan tidak begitu banyak. Jika anda ingin membuat kue wingko babat sendiri, Berikut ini Resep Cara Membuat Wingko Babat Khas Semarang.
Cara Membuat Wingko Babad Khas Semarang

Bahan Membuat Wingko Babat Khas Semarang:
- Tepung ketan 250 gram.
- Kelapa setengah tua 100 gram, dikupas dan diparut.
- Telur ayam 2 butir.
- Gula pasir 250 gram.
- Margarin 75 gram.
- Air 100 ml.
- Coklat bubuk 20 gram.
Berikut ini Cara membuat Wingko Babat Khas Semarang:
• Gula yang sudah disediakan dibagi 2, yang pertama gula dikocok dengan margarin hingga gulanya hancur, kemudian sisihkan. Yang kedua separuhnya gula lagi dikocok dengan telur ayam hingga kental,  kemudian angkat.
• Selanjutnya tepung ketan dan parutan kelapa diletakkan kedalam baskom.
• Setelah itu Tuangkan kocokan kedua yaitu gula dan telur, baru setelah itu tuangkan kocokan kedua yaitu gula dan margarin.
• Langkah berikutnya Tuangkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai adonan tercampur rata. Kemudian tambahkan coklat bubuk, aduk lagi sampai rata.
• Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dilandasi dengan daun pisang dan diolesi minyak goreng.
• Adonan yang sudah dimasukkan ke cetakan dipanggang sampai matang, kemudian jika sudah matang angkat, potong-potong dan kue wingko babat sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.
Itulah Resep Cara Membuat Wingko Babat Khas Semarang, gimana menurut anda sangat mudah kan? Silahkan dicoba. Lihat juga Resep: Cara Membua Kue Kering.

Artikel Terkait