Cara Membuat Es Kolang-Kaling yang Segar

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 08, 2014
Pada artikel sebelumnya saya pernah memberikan resep Cara Membuat Es Cincau Hitam yang Segar, resep yang akan saya berikan kali ini juga seputar minuman yang segar yaitu Cara Membuat Es Kolang-Kaling yang Segar. Jika anda tertarik untuk membuat es kolang-kaling, berikut ini adalah cara membuat es kolang kaling.
Bahan Untuk Membuat Es Kolang-kaling:
- Kolang-kaling 250 gram, diiris tipis.
- Sirup merah 100 ml.
- Agar-agar putih 1 bgk.
- Air jeruk nipis 3 sendok makan.
- Leci kalengan 350 gram, tiriskan.
- Gula pasir 150 gram.
- Susu kental manis.
- 500 ml air.
- Es batu.
Cara Membuat Es Kolang-kaling:
Cara Membuat Es Kolang-Kaling yang Segar

- Langkah pertama anda masak kolang-koling, 100 gram gula, air hingga kolang-kalingnya menjadi empuk dan airnya habis. Setelah itu angkat dan tiriskan.
- Langkah ke-dua anda masak 100 gram gula, agar-agar, dan 500 ml air, masak sampai mendidih. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang dan biarkan membeku. Jika sudah membeku agar-agar diserut memanjang dan sisihkan.
- Langkah ke-tiga, siapkan gelas, masukkan kolang-kaling, agar-agar serut, leci, susu kental maniss dan sirup merah manis ke dalam gelas. Es Kolang kaling siap dinikmati dengan es batu.
Silahkan dicoba Cara Membuat Es Kolang-Kaling yang Segar, dan rasakan kesegarannya. Es kolang-kaling sangat cocok untuk dinikmati ketika musim panas atau pada saat berbuka puasa.

Artikel Terkait