Cara Membuat Sambal Terasi Pedas dan Nikmat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 18, 2014
Orang Indonesia kebanyakan suka makan sambal bersama nasi atau dengan makanan yang lainnya. Baik di kota maupun di desa sama saja banyak yang menyukai sambal. Sekarang ini jenis sambal ada banya sekali dari sambal biasa, sambal tomat, sampai sambal trasi. Yang akan saya bahas dalam artikel in adalah Cara Membuat Sambal Trasi Pedas dan Nikmat. Cara Membuat Sambel memang tergolong mudah karena hanya membutuhkan beberapa bahan saja seperti cabai dan bawang. Salah satu manfaat dari sambal adalah dapat meningkatkan selera makan secara drastis. Langsung saja berikut ini adalah bahan dan Cara Membuat Sambal Tarsi:
Cara Membuat Sambal Terasi Pedas dan Nikmat

Berikut ni bahan membuat sambal terasi:
- Cabai merah berukuran besar 10 buah/ sesuai selera anda.
- Cabai rawit merah 10 buah/ sesuai selera anda.
- Bawang Merah 5 siung.
- Terasi matang 1 sendok makan.
- Garam 1-2 sendok teh.
- Gula jawa secukupnya.
- Tomat ukuran besar 1 buah.
- Daun salam 3 lembar.
- Serai 3 lembar, geprek.
- Lengkuas 3 iris, geprek.
- Minyak goreng 5 sendok makan.
Berikut ini adalah Cara membuat sambal terasi:
- Cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan terasi dihaluskan. Untuk menghaluskan bisa diulek atau bisa juga diblender sampai halus.
- Langkah berikutnya anda panaskan minyak goreng, lalu masukkan tomat yang sebelumnya sudah diiris tipis-tipis biarkan tomat agak matang, lalu masukkan bumbu halus, garam, gula jawa dan bahan yang lain. Setelah itu aduk sampai rata.
- Semua bahan ditumis dengan api sedang sampai tercampur rata dan sampai benar-benar sudah matang.
- Setelah sambal sudah matang bisa langsung disajikanke dalam mangkuk tempat sambal.
Itulah langkah-langkah/ Cara Membuat Sambal Terasi Pedas dan Nikmat. Untuk tingkat kepedasan sambal sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika sambal terlalu pedas akan menghilangkan nafsu makan anda, jadi jangan membuat sambal terlalu pedas. Tingkat kepedasan anda bisa menentukan sendiri dari banyaknya cabai yang anda gunakan.

Artikel Terkait