Cara Membuat Ice Cream Lezat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 18, 2014
Pada postingan yang lama saya pernah menyampaikan cara membuat es buah, dan pada postingan ini saya akan menyampaikan Cara Membuat Ice Cream Lezat. Ice Cream merupakan makanan yang banyak disukai oleh anak-anak, tetapi remaja bahkan orang dewasa juga ada yang gemar makan Ice cream. Ice Cream banyak disukai karena mempunyai tekstur yang lembut dengan rasa yang khas dan nikmat. Rasa Ice Cream yang paling digemari oleh peminatnya adalah ice cream rasa coklat, selain itu Ice Cream juga mempunyai rasa yang lainnya seperti rasa buah-buahan. Oke langsung saja Berikut ini adalah Cara Membuat Ice Cream.
Cara Membuat Ice Cream Lezat

Siapkan Bahan untuk membuat ice cream berikut ini:
- susu cair full cream 300 ml.
- Esens vanili 1/2 sendok teh.
- Coklat bubuk 30 gram
- Kuning telur 6 butir.
- Gula pasir 175 gram.
- Cream kental 600 ml.
- Dark cooking chocolate 250 gram di cincang kasar.
Di bawah ini adalah Cara membuat ice cream:
- Sebenarnya cara untuk membuat ice cream tidaklah sulit, langkah pertama yaitu masak susu cair dan esense vanil di dalam panci dengan api berukuran kecil. Selanjutnya ambil kira-kira 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, kemudian aduk sampai coklat bubuknya larut, setelah itu tuangkan ke dalam panci susu. Masak sambil diaduk hingga mendidih,  jika sudah angkat.
- Selanjutnya Kuning telur dikocok bersamaan dengan gula pasir, bisa menggunakan mikser kecepatan sedang kurang lebih selama 3 menit. Kocok sampai mengental dan warnanya menjadi agak pucat.
- Langkah berikutnya larutan susu coklat dituangkan di dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, aduk-aduk sampai rata dengan spatula. Kemudian masukkan kembali campuran ini ke dalam panci bekas merebus susu, masak sampai adonan mengental dengan api kecil kurang lebih selama 3-4 menit. (jangan sampai mendidih).
- Setelah itu cream kental dimask di dalam panci dengan api kecil. Jika sudah muncul gelembung-gelembung kecil, maka masukan dark cooking coklat cincang. Lalu angkat pancinya dan aduk hingga semua coklat meleleh serta adonan kelihatan licin.
- Langkah berikutnya anda masukkan adonan susu telur ke dalam aadonan krim coklat, aduk sampai rata dan diamkan hingga menjadi dingin.
- Masukkan adonan ke ice krim maker dan aduk-aduk selama 1 jam sebelum adonan tersebut jadi es cream.
- Bagi yang belum memiliki ice cream maker, maka anda dapat memasukkan adonan ke dalam freezer kurang lebih selama 3 jam, lalu keluarkan dan kocok dengan menggunakan mixer sampai lembut kira-kira 5 menit. Ulangi langkah tersebut sampai 3-4 kali sehingga diperoleh adonan yang lembut.
Itulah Cara membuat Ice Cream lezat, yang bisa anda praktekkan dan anda nikmati ice cream buatan anda. Membuat Ice Cream sendiri kita bisa lebih higienis, selain itu juga lebih menghemat biaya. Untuk variasi rasa anda bisa mengembangkan sendiri sesuai apa  yang anda inginkan misalnya rasa buah jeruk, anggur atau buah yang lainnya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel Terkait