Cara Membuat Pempek Palembang yang Lezat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 17, 2014
Setelah sebelumnya membahas makanan Pancake, kali ini tentang Pempek. Makanan Pempek adalah makanan khas dari Palembang, mungkin bagi anda pecinta makanan pempek bertanya-tanya bagaimana Cara Membuat Pempek Palembang yang Lezat? Untuk membuat makanan pempek agak sedikit rumit, karena perlu membutuhkan tahapan-tahapan atau proses supaya bisa menjadi pempek yang lezat dan nikmat. Bahan untuk membuat pempek memang mudah ditemukan dipasaran, tetapi untuk membuat pempek yang lezat dan enak harus sabar dan teliti.
Bahan-bahan yang diparlukan untuk membuat pempek:
- Tepung sagu 1,5  dengan kualitas yang baik.
- Ikan belida giling 1 kg (Apabila tidak ada bisa diganti dengan ikan tengiri atau ikan gabus).
- Garam dapur 1 sendok makan/ secukupnya.
- Bumbu penyesap rasa 1 bungkus.
- Bumbu penyedap 1 bungkus.
- Air es matang 1 cangkir.
- Rebus air di  dalam panci yang diberi minyak goreng 2 sendok makan.
Cara Membuat Pempek Palembang yang Lezat

Berikut ini adalah Cara membuat pempek:
- Langkah  yang pertama anda campurkan ikan giling dengan air es, garam dan bumbu penyedap rasa. Aduk sampai benar-benar merata.
- Selanjutnya pada adonan ikan giling tadi anda tambahkan tepung sagu secukupnya hingga adonan menjadi kenyal sehingga bisa diuleni dan menjadi tidak lengket. (Banyak sedikitnya sagu itu tergantung pada tingkat kekenyalan yang kita inginkan, agar ikannya benar-benar terasa, sebaiknya pemberian sagu jangan terlalu banyak-banyak).
- Selanjutnya untuk membuat adonan tangan dilumuri sedikit tepung supaya tidak lengket, lalu anda bentuk adonan sesuai selera anda (mau dibentuk lonjong atau di isi telur terserah anda sesuai selera anda).
- Langkah berikutnya adonan pempek direbus sampai adonan benar-benar matang ditandai dengan mengapung, setelah itu angkat dan tiriskan.
Bahan yang diperlukan untuk cuka untuk pempek:
- Gula aren 250 gr.
- Air asam jawa 50 gr.
- Air minum bersih 1 liter.
- Bwang putih 200 gr, bersihkan kemudian dicincang halus.
- Garam 1 sendok teh.
- Ebi 2 sendok makan (ebi yang sudah dihaluskan).
- Cabai rawit 15 buah (dihaluskan) jika ingin lebih pedas bisa ditambahi lagi cabinya/ jika tidak suka pedas bisa dikurangi sesuai selera anda.
Berikut ini adalah cara membuat cuka:
- Langkah petama yaitu asam jawa dan gula aren dimasukkan ke dalam air, setelah itu masak sampai mendidih.
- Langkah berikutnya campurkan garam, bawang putih, ebi beserta cabai rawit ke dalam larutan gula aren, setelah itu direbus sampai mendidih. Jika sudah matang angkat dan tiriskan cuka pempeknya.
Itulah langkah-langkah Cara Membuat Pempek Palembang yang lezat, semoga cara-cara yang saya sampaikan diatas dapat membantu anda yang binguung mencari resep mebuat pempek. Saran saya sebaiknya jika pempek buatan anda sudah siap disajikan, anda mengajak keluarga atau teman anda untuk mencicipi masakan anda. Apabila ada masukan ditampung saja untuk referensi jika akan membuat pempek lagi.

Artikel Terkait