Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 17, 2014
Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Membuat Nasi Goreng Telur Spesial dan pada artikel ini saya akan membahas Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat. Biasanya nasi  kuning tersedia pada saat diadakannya acara-acara tertentu misalnya acara tasyakuran, acara ulang tahun dan lain-lain. Nasi kuning tidak akan dapat kita temui setiap hari kecuali jika rumah anda berdekatan dengan penjual nasi kuning. Maka dari itulah pembahasan kali ini saya akan membahas sedikit resep Cara Membuat Nasi kuning yang dapat anda praktekkan dirumah. Cara untuk membuat nasi kuning memang tergelong mudah tetapi agak sedikit rumit. Jika anda tertarik silahkan simak Cara Membuat Nasi kuning yang gurih dan lezat berikut ini:
Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat

Berikut ini adalah Bahan Membuat Nasi Kuning yang perlu dipersiapkan:
- Beras 1,5 cangkir.
- Kunyit 2 cm.
- Kemiri 2 buah.
- Bawang putih 2 siung.
- Bawang merah 4.
- Sereh 4 batang.
- Cengkeh 2 buah.
- Daun salam 2 lembar.
- Santan kental 100 ml.
- Air secukupnya.
Berikut ini Cara Memasak/ Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat:
1. Kunyit, kemiri, bawang putih dan bawang merah dihaluskan. Setelah itu di tumis sampai harum lalu tambahkan santan kental masak sampai mendidih.
2. Langkah selanjutnya anda masukkan sanatan bumbu yang sudah kita buat ke dalam beras, Agar ampasnya tidak ikut kita saring. Selanjutnya tambahkan sereh, cengkeh dan daun salam agar menjadi sedap, aduk sampai rata.
3. Berikutnya anda tambahkan air kira-kira seujung jari dari permukaan beras. Masak sampai air meniris. Aduk-aduk supaya pada bagian bawahnya tidak berkerak.
4. Kukus sampai matang kurang lebih 15 menitan.
5. Nasi kuning bisa disajikan dengan pelengkap seperti tempe kering belado, telur dadar, kerupuk udang dan daging bumbu kecap.
6. Nasi Kuning Gurih dan Lezat siap untuk dihidangkan.
Itulah resep atau Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat yang bisa saya sampaikan, Selamat mencoba semoga sukses.

Artikel Terkait