Cara Membuat Batagor Nikmat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 14, 2014
Setelah sebelumnya saya menyampaiakan Cara Membuat Bakso Sapi, maka kali ini saya akan menyampaikan Cara Membuat Batagor Nikmat. Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat batagor silahkan dibaca artikel ini sampai akhir. Oke, batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng.  Batagor merupakan jajanan khas dari bandung.  Umumnya batagor terbuat dari tahu yang diisi dengna daging atau dapat jug ikan. Biasanya batagor disajikan dengan ambal kacang yang disiramkan ke batagor sehingga batagor menjadi gurih.
Di Indonesia nama batagor sudah cukup terkenal, mungkin karena rasanya yang enak dan lezat. Cara membuat batagor tidaklah sulit, karena bahan-bahan yang diperlukan sederhana dan mudah didapat. Saat ini jual batagor bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Maka dari itulah dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan Cara Membuat Batagor:
Cara Membuat Batagor Nikmat

Bahan-bahan membuat sambal kacang:
- 100 gr kacang tanah digoreng, haluskan.
- 4 buah cabai merah sangrai, haluskan.
- 1 sendok makan  gula pasir.
- 125 ml  air hangat.
- 1 sendok makan cuka
- 1/2 sendok teh garam
Cara membuat sambal kacang:
Kacang yang telah dihaluskan dicampur bersama gula, cabai goreng, garam dan cuka sampai rata. Agar encer tambahkan air hangat aduk hingga licin dan merata.

Berikut ini Bahan- bahan membuat batagor:
- 150 gram ikan tenggiri dicincang.
- 150 gram daging ayam dicincang.
- 5 buah tahu putih ukuran besar (di potong diagonal membentuk segitiga ).
- 9 lembar kulit pangsit goreng.
- 6 sendok makan tapioka/ tepung kanji.
- 3 sendok makan minyak wijen.
- 1 batang  daun bawang ( dirajang halus ).
- 1 butir telur.
- Garam secukupnya.

Cara membuat batagor:
Telur dikocok setelah itu masukkan daging ikan dan ayam yang sebelumnya sudah dicincang, minyak wijen, tepung tapioka, garam dan rajangan daun bawang.  Adonan tersebut di aduk rata sampai bisa dibentuk keruk isi tahu untuk tempat mengisi adonan bakso. Selanjutnya adoanan isi dimasukkan ke dalam tahu.

Untuk batagor pangsit:
Adonan diletakkan di tengah-tengah kulit pangsit setelah itu satukan sudut kullit pangsit dan ditekuk sedikit keluar.
Minyak dipanaskan dalam penggorengan. Tahu dan pangsit di goreng sampai matang kecoklatan. Kemudian jika sudah matang angkat dan tiriskan.
Batagor dipotong menjadi 2 atau 3 bagian kemudian ditaruh ke piring siramkan saus kacang. Sudah jadi, batagor bandung yang gurih dan enak sudah siap untuk disantap.

Tips membuat batagor:
Supaya saus kacang bisa bertahan lebih lama pada saat sangrai kacang hingga agak keluar minyak. Supaya saus tidak kelihatan gelap dan pucat bisa ditambahkan kecap  manis. Dapat juga ditambahkan saus tomat agar kelihatan kemerah-merahan. Apabila suka pedas bisa menambahkan cabai dengan membuang biji cabainya.
Penggorengan batagor yang baik adalah semua bagian tahu dan pangsit terendam oleh minyak. Ini akan membuat batagor gurih dan nikmat.

Gimana mudah kan? Cara membuat Batagor nikmat... silahkan dicoba, dan rasakan kenikmatan batagor dan sambal kacang yang gurih.

Artikel Terkait