Cara Membuat Pancake yang Enak

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 17, 2014
Jika sebelumnya saya membahas makanan Nugget, pembahasan kali ini mengenai makanan Pancake. Makanan pancake sangat cocok sebagai hidangan keluarga, apalagi dihidangkan pada saat sarapan pagi pasti akan terasa sangat nikmat. Mungkin banyak orang yang menyukai pancake masih bingun dan bertanya tanya bagaimana cara membuat pancake yang Enak? Sebetulnya untuk membuat pancake tidaklah sulit asalahkan memunyai keinginan yang kuat dan mau belajar. Oke langsung saja berikut ini saya sampaikan bahan dan Cara membuat Pancake.
Bahan  yang diperlukan untuk membuat Pancake:
- Tepung terigu 100 gr.
- Susu cair 250 ml.
- Telur 1 butir, kuning telur dan pitih telur dipisahkan.
- Garam secukupnya.
- Margin sedikit sebagai olesan.
- Sirup Maple atau Es Krim untuk topping.
Berikut ini Cara Membuat Pancake:
- Campur rata Tepung terigu, susu cair, kuning telur dan aram dengan ballon whisk dapat juga menggunakan mixer dengan kecepatan ang paling rendah. Jika tidak mempunyai ballon whisk dan mixer dapat menggunakan spatula kayu.
- Selanjutnya putih telur dikocok. Dapat menggunakan garpu atau dapat juga menggunakan ballon whisk.
- Selanjutnya adonan tepung dimasukkan ke dalam adonan putih telur, lalu aduk sampai rata. Mencampur adonan tepung dengan putih telur dapat juga menggunakan teknik pancing yaitu dengan cara mengambil sedikit putih telur lalu campurkan ke dalam terigu dan di aduk rata, kemduian tambah sedikit putih telur lagi aduk, tambahkan sedikit-demi sedikit. Teknik pancing ini bertujuan supaya putih telur tidak berbergerindil.
- Selanjutnya teflon diameter paling kecil dipanaskan untuk membuat telur ceplok, oleskan margarin dan kecilkan apinya. Dapat juga menggunakan teflon berukuran standar.
- Setelah itu tungkan adonan kira-kira 2,5 sendok sayur, lalu tutup sebentar.
- Jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya maka balik adonan tersebut.
Cara Membuat Pancake yang Enak

Tips Membuat Pancake yang Enak:
- Agar pancake bisa lembut teksturnya meskipun tanpa buttermilk caranya yaitu deengan memisahkan putih telur dan kuning telur.
- Agar pancake lebih manis dapat menambahkan gula pasir sebanyak 1 sendok makan yang diaduk bersamaan dengan tepung terigu, kuning telur, susu dan garam.
- Jika tidak mempunyai wajan teflon yang seukuran telur ceplok dapat juga mengguakan wajan teflon biasa, tetapi nanti bentuk dan ukurannya beda-beda. Agar ukurannya sama dan seragam dapat menggunakan cetakan/ ring pancake seperti bulat, segitiga atau berbentuk bintang dan lain-lain.
- Pancake akan lebih nikmat dan enak jika disajikan pada saat masih hangat.
- Dari pengalaman saya memakan pancake akan lebih nikmat jika disajikan dengna puding agar-agar.
Selamat mencoba Cara Membuat Pancake yang Enak, yang dapat anda praktekkan langsung untuk sajian sarapan pagi atau hanya untuk cemilan bersama keluarga. Demikian dari saya semoga artikel diatas dapat membantu anda.

Artikel Terkait