Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Nikmat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 14, 2014
Bakso daging sapi memang enak dan lezat, sehingga tidak heran jika bakso daging sapi menjadi makanan favorit di Indonesia. Dari semua kalangan pastinya menyukai bakso sapi dari yang muda hingga yang tua. Rasa daging sapi yang terdpat pada bulatan bakso menjadi ciri khas masakan yang tidak bisa dilupakan dan membuat kita ketagihan untuk makan bakso. Maka dari itulah pada pembahasan kali ini saya akan menyampaikan tentang Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang nikmat.
Sebenarnya Cara membuat bakso daging sapi tidaklah sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah cukup mudah dipeoleh.  Saya yakin kalau ibu-ibu dirumah bisa membuat bakso. Mari kita praktek Membuat Bakso Sapi. Silahkan simak penjelasan di bawah ini sampai akhir.
Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Nikmat

Bahan-bahan membuat bakso:
- Daging sapi giling sebanyak 1 kg
- Tepung kanji sebanyak 1 ons
- Bawang putih 6 siung
- Garam 1 senduk makan
- Merica bubuk 1/2 sendok teh
- Penyedap rasa secukupnya

Langkah/ Cara Membuat Bakso:
1. Bawang putih dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
2. Selanjutnya bawang putih yang sudah dihaluskan dicampur ke dalam adonan daging sapi giling, tepung kanji, garam, merica, penyedap rasa
3. Adonan tersebut diaduk dan diuleni sampai merata kira-kira 10 menit.
4. Jika adonan tersebut sudah tercampur rata, langkah berikutnya bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan. Ukuran bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda. Tetapi ukuran jangan terlalu besar, supaya bisa matang dengan merata dan cepat.
5. Bulatan bakso yang telah dibuat dimasukkan ke dalam air panas, setelah itu rebuslah ke dalam air yang mendidih sampai matang. Bakso yang sudah matang bisa diketahui jika bakso tersebut sudah mengapung pada permukaan air mendidih itu berarti sudah matang. Biasanya proses perebusan membutuhkan waktu 10-15 menit.
6. Bakso yang sudah matang di angkat dan ditiriskan dalam suhu ruangan.

Berikut ini Bahan membuat kuah bakso:
- Air
- Tulang sapi
Berikut ini Bumbu kuah bakso:
- 4 siung Bawang merah, goreng dan haluskan
- 5 siung  bawang putih, goreng dan haluskan
- 1/2 sdm Bawang goreng, haluskan
- 1 sdm garam
- 2 sdt gula
- 1/2 sdt lada
- 4 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, iris halus
- 2 sdt kaldu sapi instan.

Cara Membuat Kuah Bakso
1. Air, tulang sapi, dan semua bumbu kuah yang sudah disiapkan diatas, direbus hingga mendidih dan tulangnya sampai matang.
2. Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya.
3. Apabila sudah matang, apinya dikecilkan dan anda sudah bisa menyajikan bakso dan kuahnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan resep dan bahan cara membuat bakso daging sapi yang nikmat, semoga dapat menjadi menu makanan anda yang lezat, akan lebih lezat dan menarik jika anda tambahkan tahu dan seledri.

Artikel Terkait