Cara Membuat Mayonaise

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 18, 2014
Sebenarnya Cara Membuat Mayonaise cukup mudah dan anda jika mau belajar pasi bisa melakukannya sendiri. Tetapi saat ini banyak produk mayonaise instan yang beredar sehingga membuat kita menjadi malas untuk membuat mayonaise. Padahal jika kita membuat mayonaise sendiri kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita dan pastinya lebih higienis. Mayonaise biasanya sering disingkat dengan sebutan Mayo, sebenarnya mudah dibuat asalakan kita sabar, karena untuk membuat mayonaise tidak bisa berburu-buru. Apabila dalam membuat Mayonaise terburu-buru teksturnya akan jelek, adonan terpisah, dan tidak blended.
Cara Membuat Mayonaise

Dibawah ini adalah resep atau cara membuat mayonaise:
Siapkan Bahan - bahan membuat Mayonaise:
- Kuning Telur 2 butir.
- Garam 1/2  sendok makan.
- Minyak zaitun/ minya jagung 290 ml, atau dapat diganti dengan minyak kelapa/ minyak kelapa sawit.
- Air jeruk nipis/ lemon 1 sendok makan.
- Saus mustard 1 sendok makan, jika saus mustard susah disapat, tidak memakai saus mustard juga tidak apa-apa.
Berikut ini adalah Cara Membuat Mayonaise:
- Kuning Telur, garam, mustard dikocok dengan mixer dengan kecepatan rendah sampai rercampur rata dan menjadi lembut.
- Mixer masih dengan kecepatan rendah, anda tambahkan minyak jagung/ minyak zaitun setetes demi setes. Lakukan sampai semua minyak tercampur dengan rata.
- Apabila adonan  mayonaise telah mengembang dan kaku, langkah selanjutnya masukkan perasan air jeruk/ lemon kocok sampai tercampur rata. Setelah air jeruk lemon teercampur rata adonan akan turun jadi jangan kaget.
- Apabila adonan mayonaise sangat kental, anda dapat menambahkan 1-2 sendok makan air mendidih lalu kocok sampai rata.
- Sekarang Mayonaise sudah siap digunakan.
Tips Agar Mayonaise menjadi Sempurna:
Supaya dalam membuat mayonaise sukses kuncinya yaitu pada pencampuran minyak zaitun atau minyak jagungnya. Dalam mencampur minyak zaitun/ minyak jagung harus tetes demi tetes sampai tercampur rata baru ditambahkan tetesan berikutnya. Jika ingin mudah minyaknya dimasukin saja ke dalam botol kecap/ cuka kemudian ujungnya dilubangi kecil. Pada saat tangan kanan ngocok kuning telur, maka tangan kiri dapat memegang minyak ini dan meneteskannya setetes demi tetes.
Berdasarkan pengalaman dalam pembuatan mayonaisei ini kecepatan kocokan mixer rendah dan konstan tidak berhenti hingga mayonaise jadi. Sebelum memasukkan minyak zaitun/ minyak jagung, pastikan kocokan kuning terlur mengembang.
Jika anda hanya membaca artikel yang saya tulis diatas tentunya akan terasa ribet, namun jika anda membaca kemudian dipraktekkan pasti akan bilang bahwa cara membuat mayonaise sangat mudah sekali.

Artikel Terkait