Cara mengobati gusi bengkak

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 20, 2014
Jika gusi anda bengkak pasti rasanya sangat sakit sekali dan bisa jadi anda tidak bisa tidur gara-gara gusi anda bengkak. Biasanya gusi bengkak dapat diatasi dengan bantuan seorang dokter gigi, tetapi ada cara lain untuk mengobati gusi bengkak yaitu dengan pengobatan tradisional yang akan saya bahas dalam pembahasan ini. Berikut ini adalah cara mengobati gusi bengkak yang mungkin dapat anda coba ketika anda mengalami gusi bengkak.
Cara mengobati gusi bengkak

- Mengobati gusi bengkak dengan air garam hangat.
Perlu anda ketahui bahwa air garam baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Cara pengobatannya garam sebanyak 1 sendok dicampurkan dengan air hangat 1 gelas, diaduk-aduk setelah itu digunakan untuk berkumur. Cara seperti ini dapat anda lakukan sehari 2 kali.
- Mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh.
Saya rasa sudah banyak yang tahu kalau minyak cengkeh dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam masalah mulut salah satunya yaitu untuk mengobati gusi bengkak. Cara pengobatannya cukuplah mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengakeh ke bagian gusi yang bengkak. Cara ini dapat anda lakukan sehari sebanyak 3 kali setelah makan.
- Mengobati gusi bengkak menggunakan lemon dan air hangat.
Menggunakan lemon dan air hangat merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya yaitu cukup dengan menyelupkan 1/4 lemon, setelah itu diperas airnya kemudian dicampur dengan air hangat sebanyak 1/4 gelas. Gunakan campuran air tersebut untuk berkumur. Cara ini dapat anda lakukan sehari 2 kali.
- Mengobati gusi bengkak dengan cara banyak minum air putih.
Air liur anda pasti akan berkurang pada saat gusi anda mengalami pembengkakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut anda dapat meminum air putih yang banyak. Disamping itu air putih juga dapat membersihkan mulut dan juga gusi, sehingga dengan begitu gusi anda akan bersih dari bakteri dan bengkaknya akan hilang.
- Mengobati gusi bengkak dengan cara memijat gusi.
Pengobatan gusi bengkak dengan pemijatan cukuplah mudah dipraktekkan, caranya yaitu dengan menggunakan jari telunjuk. Cara pemijatannya yaitu dengan menggosok gusi secara perlahan dan melingkar. Apabila yang anda rasakan terlalu sakit, anda dapat juga depat memijatnya dengan menyentuh pipi bagian gusi yang bengkak. Ketika anda melakukan pemijatan pastikan gusi anda dalam keadaan bersih, ini supaya bakteri lain tidak akan terbawa menginfeksi gusi/ mulut anda.
Itulah cara mengobati gusi bengkak yang dapat anda lakukan jika anda mengalami pembengkakan pada gusi anda. Semoga cara yang saya bagikan diatas dapat membantu anda untuk mengatasi gusi bengkak. Jika anda mengalami sakit gigi berlubang, silahkan anda baca cara mengatasi sakit gigi berlubang secara alami.

Artikel Terkait