Resep membuat tempe goreng bumbu kunyit

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 02, 2014
Tempe goreng merupakan makanan pelengkap yang sering kita jumpai dimeja makan. Banyak orang yang suka dengan tempe goreng ini mungkin karena rasanya yang gurih dan enak karena terbuat dari kedelai. Supaya lebih cepat dan mudah, sajian ini dapat juga anda stok. Ternyata setelah diungkep dengan bumbu, tempe goreng bumbu kunyit dapat disimpan di dalam kulkas. Nah kali ini saya ingin berbagi kepada anda tentang resep membuat tempe goreng bumbu kunyit. Berikut ini adalah resep pembuatannya, silahkan anda simak jika anda tertarik silahkan dipraktekkan.
Resep membuat tempe goreng bumbu kunyit

Bahan dan bumbu yang diperlukan:
- Tempe 400 gram, dipotong 7x4x1 cm.
- Daun salam 1 lembar.
- Daun jeruk 2 lembar, tulang daunnya dibuang.
- Air 600 ml.
- Minyak goreng.
Bumbu Halus:
- Bawang merah 4 butir.
- Bawang putih 3 siung.
- Kemiri 2 butir, disangrai.
- Kunyit 4 cm.
- Ketumbar 1 1/2 sendok teh.
- Garam 2 1/2 sengok teh.
- Gula pasir 1/2 sengok teh.
Di bawah ini adalah cara membuat tempe goreng bumbu kunyit:
- Anda rebus bumbu halus, daun jeruk dan juga daun salam hingga mendidih.
- Selanjutnya masukkanlah tempe. Masak hingga meresap dan matang. Setelah matang angkat dan dinginkan bisa jug bekukan dengan menggunakan freezer.
- Pada saat akan disajikan, biarkan tempe di suhu ruang hinnga tidak lagi beku.
- Selanjutnya tempe digoreng dengan menggunakan minyak yang telah dipanaskan. Gorng hingga matang/ sampai warnanya kocoklatan.
Resep membuat tempe goreng bumbu kunyit di atas bia anda gunakan untuk membuat 14 potong. Mudah-mudahan resep diatas bisa anda pahami dan bisa menambah pengetahuan anda. Mungkin anda juga tertarik dengan tempe goreng tepung ketumbar, silahkan anda lihat: Cara membuat tempe goreng tepung ketumbar.

Artikel Terkait