Cara Menjadi Seorang Barista

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 12, 2020

Barista adalah sebutan bagi seorang yangsudah terlatih secara pfofesional dalam membuat kopi espresso, juga mempunyai keahlian dalam meracik kopi dengan berbagai campuran seperti kopi latte dan cappucino. Nah bagaimanakah cara menjadi seorang barista? Untuk dapat menjadi seorang barista yang handal harus mempunyai karakteristik kepribadian sebagai berikut ini.

Cara Menjadi Seorang Barista

Cara Menjadi Seorang Barista

1. Keterampilan berkomunikasi dengan baik

Di dalam industri kuliner baik itu restoran maupun coffee shop adalah industri yang serba cepat. Coffee shop memerlukan orang-orang yang bisa membuat para pelanggan tersenyum di tengah semakin padatnya jam kerja.

2. Semangat untuk terus belajar

Seseorang yang memiliki kemauan dalam belajar sangat dicari, hal tersebut karena pemilik coffee shop bersedia untuk mengajari calon baristanya.

3. Kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja yang serba cepat

Bisa jadi suasana yang terjadi di lingkungan coffee shop sangat sibuk. Seorang barista yang profesional harus bisa menangani stres dan membuat berbagai pesanan minuman sekaligus.

4. Mempunyai Mindset yang berfokus pada detail

Proses untuk menyeduh kopi membutuhkan banyak langkah supaya seorang barista dapat menonjolkan cita rasa copinya. Sebagai seorang barista profesional harus bisa memperhatikan setiap aspek untuk bisa memastikan kualitas rasa dan juga konsistensinya.

5. Dapat membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan

Dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang sangat perlu bagi seorang barista. Sebagai barista harus bisa hafal pelanggan-pelanggan tetap yang datang dan minuman apa yang menjadi kesukaannya supaya mereka bisa lebih merasa dihargai. Sehingga akan membuat mereka mau datang lagi ke coffee shop di lain kesempatan.

Apabila anda ingin menjadi seorang barista handal, anda juga dapat mengikuti pelatihan barista.

Itulah penjelasan tentang cara menjadi seorang barista semoga bermanfaat.

Artikel Terkait