Cara Memperoleh Kartu Pra Kerja

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 25, 2020

Cara memperoleh kartu pra kerja – Saat ini pemerintah telah menerbitkan kartu pra kerja yang digalangkan dalam rangka program pembinaan dan pelatihan bagi warga negara Indonesia yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Jadi kartu pra kerja adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai bentuk program bantuan dalam bentuk biaya pengembangan kompetensi pra kerja. Pra Kerja sendiri diantaranya meliputi para pencari kerja, pra kerja yang di PHK, dan mereka yang ingin meningkatkan keterampilan.

Cara Memperoleh Kartu Pra Kerja

Kartu pra kerja tersbut dinilai cukup efektif dalam industri 4.0 seperti sekrang ini. Sehinggan diharapkan nantinya dengan kartu pra kerja ini dapat menanggulangi kemiskinan. Setiap pendaftar atau pemohon yang lulus seleksi akan mendapatkan kartu pra kerja. Pemilik kartu kartu pra kerja masing-masing akan mendapatkan bantuan sejumlah Rp. 3.550.000. Bantuan tersebut apabila dirinci adalah sebagai berikut ini:

  • Sebesar Rp. 1.000.000 untuk biaya pelatihan yang tidak bisa dicairkan.
  • Insentif setelah pelatihan Rp. 600.000/ bulan selama 4 bulan.
  • Insentif survei keberkerjaan Rp. 150.000.

Dengan memiliki kartu pra kerja tersebut, maka dapat mengikuti kurus atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi dalam dunia kerja. Sebagai contoh salah satu pelatihan yang bisa diikuti adalah: Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi. Lalu bagaimana cara memperoleh kartu pra kerja?

Cara Memperoleh Kartu Pra Kerja

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan mendaftar kartu pra kerja diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Merupakan seorang Warga Negara Indonesia(WNI) yang dibuktikan dengan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Telah berusia lebih dari 18 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal baik itu sekolah maupun kuliah.
  • Bukalah website www.prakerja.go.id kemudian klik “Daftar Sekarang”.
  • Setelah itu isi dan ikutilah prosedur pendaftaran yang telah tersedia kemudian kirim.
  • Jika sudah, data peserta kartu pra kerja akan diverifikasi.
  • Bagi yang sudah lolos akan memnerima notifikasi melalui email, dan selanjutnya akan memperoleh bantuan dan bisa mengikuti pelatihan.

Informasi tentang syarat dan ketentuan secara lengkapnya bisa lihat di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan.

Itulah penjelasan yang cukup singkat yang dapat kami bagikan yaitu tentang cara memperoleh kartu pra kerja. Semoga informasi yang telah kami sampaikan tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Terutama bagi kamu yang ingin mempunyai kartu pra kerja untuk bisa mengikuti pelatihan.

Artikel Terkait