Cara mengatasi Sakit Gigi Berlubang secara alami

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 27, 2014
Sakit gigi berlubang menyebabkan badan terasa lemah dan sakit kepala. Mungkin anda yang pernah mengalami sakit gigi berlubang belum tahu cara mengatasi/ mengobati secara alami. Berikut adalah Cara mengatasi Sakit Gigi Berlubang secara alami:
Cara mengatasi Sakit Gigi Berlubang secara alami

- Bawang merah
Bawang merah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi berlubang, karena bawang merah mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba yang berfungsi untuk mengontrol sakit gigi. Cara pengobatan sakit gigi dengan bawang merah yaitu ambil 1 siung bawang merah mentah, kunyah dalam waktu beberapa menit agar rasa sakit pada gigi semakin berkurang. Cara lain jika anda tidak dapat mengunyah adalah dengan cara menggosokkan sepotong bawang merah mentah langsung ke gigi yang sakit. Dengan cara itulah maka akan membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan infeksi.
- Bawang putih
Selain bawang merah, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini karena bawang putih mempunyai sifat antibiotik dan sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara penggunaan bawang putih untuk mengatasi bawang putih yaitu bawang putih satu siung ditumbuk, kemudian tambahkan garam. Setelah itu campuran tersebut anda gosokkan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini selama beberapa hari.
- Cengkeh
Selain bawang merah dan bawang putih ternyata cengkeh juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Cengkeh mempunyai anti-inflamasi, anti bakteri, antioksidan dan sifat anestesi yang berkhasiat mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara mengobati gigi dengan cengkih yaitu semprotkan cengkeh pada kapas, setelah itu letakkan pada gigi yang sakit. Selain cara tersebut dapat juga dengan cara mencampur beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air dalam gelas, kemudian air campuran cengkeh tersebut anda gunakan untuk berkumur.
- Lada
Lada dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigi berlubang yang sangat sensitif. Cara mengatasinya yaitu siapkan mrica dan garam dalam jumlah yang sama setelah itu campurkan dengan air beberapa tetes saja, supaya membentuk pasta. Setelah itu pasta tersebut dioleskan pada gigi yang sakit, diamkan beberapa menit. Proses ini anda ulangi setiap hari selama beberapa hari.
- Daun jambu biji
Ternyata daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengatasi atau meredakan rasa sakit gigi. Cara penggunaanya yaitu satu atau dua lembar daun jambu biji dikunyah. Setelah itu gosokkan pada gigi yang sakit. Selain cara tersebut, bisa juga dengan memasak daun jambu biji 4-5 daun dengan segelas air sampai mendidih. Selanjutnya tambahkan garam dan pakai untuk berkumur.
Demikianlahlima cara untuk mengatasi sakit gigi seperti kami kutip dari medicmagic. Tapi ingat, ini hanya pengobatan sementara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit sakit gigi. Untuk perawatan yang lebih serius, segera konsultasikan ke dokter tentang kondisi Anda.
Itulah Cara mengatasi Sakit Gigi Berlubang secara alami yang dapat saya sampaikan. Jika gigi anda masih sakit segera konsultasikan kepada doketer gigi. Bagi anda yang belum terlanjur giginya berlubang rajin-rajinlah menggosok gigi, silahkan anda baca Cara Menggosok gigi yang baik dan benar.

Artikel Terkait