Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 01, 2014
Bagaimanakah Cara Menggosok gigi yang baik dan benar? Temukan jawabannya pada artikel ini. Jika kita menggosok gigi dengan baik dan benar maka akan terhindar dari masalah mulut seperti bengkaknya gusi karena terlalu keras menekan sikat gigi, masalah bau mulut, sakit gigi.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Salah satu cara untuk merawat dan menjaga gigi yang paling mudah adalah dengan menggosok gigi, karena bisa dilakukan bersamaan ketika mandi pagi dan sore hari. Menggosok gigi yang baik menurut petunjuk dokter yaitu minimal 2 kali sehari. Seperti yang telah dicantumkan pada kemasan pasta gigi, minimal gosok gigi 2 kali sehari.
Tetapi waktu yang baik untuk gosok gigi adalah pagi sehabis bangun tidur dan pada saat akan tidur yaitu malam hari. Bila anda mempunyai waktu luang sehabis makan siang, usahakan gosok gigi setelah makan siang ini bertujuan membersihkan sisa makanan yang menempel di dinding gigi yang bisa mengakibatkan sakit gigi.
Sebetulnya apa sih tujuan dari menggosok gigi? Tujuan menggosok gigi yaitu untuk mencegah sakit gigi, agar mulut selalu bersih dari sisa-sia makanan yang menempel pada dinding gigi, yang jika dibiarkan bisa membentuk plak kuning dan mengakibatkan karang gigi serta bau yang tidak sedap di mulut. Lebih parahnya dapat mengakibatkan kerusakan gusi dan gigi jika tidak dibersihkan.
Mungkin masih banyak orang yang menyepelekan cara gosok gigi yang mengira tinggal kasih pasta pada sikat lalu gosok kesana kesini. Apabila anda termasuk golongan yang menggosok gigi seperti itu, mulai saat ini anda bisa mencoba cara menggosok gigi yang baik dna benar agar gigi anda lebih sehat dan kuat.
Berikut ini Cara menggosok gigi yang baik dan benar:
• Siapkan sikat dan pasta gigi, oleskan pasta gigi pada sikat gigi.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

• Gosok gigi depan dengan cara menggosokkan naik turun secara pelan-pelan, karena jika menggosok dengan keras bisa menyebabkan gusi lecet dan bisa sampai berdarah.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

• Selanjutnya gosok pada bagian kanan dan kiri. Cara menggosoknya hampir sama dengan menggosok gigi depan yaitu menggosok dengan irama naik turun secara perlahan. Meskipun pelan-pelan menggosok naik turun lebih cepat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel dari pada cara menggosok yang biasa.
• Jika sudah selesai menggosok gigi bagian depan, kanan dan kiri, maka selanjutnya menggosok/ menyikat gigi pada bagian dalam (gigi graham). Biasakan menyikat gigi dengan pelan-pelan karena biasanya plak kuning muncul pada area ini jika menggosok giginya tidak bersih. Agar lebih bersih caranya pakai ujung bulu sikat untuk menjangkau area gigi graham dengan sedikit menekan hingga ujung sikat melengkung.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

• Selanjutnya gosok gigi pada bagian dalam (gigi tengah). Caranya menegakkan lurus sikat gigi, kemudian gosok dengan menggerakkan sikat ke atas ke bawah.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Itulah tips tips Cara menggosok gigi yang sehat dan membuat gigi menjadi putih , tetapi apakah cukup dengan cara tersebut saja bisa terhindar dari bau mulut dan juga plak?
Malakukan cara menggosok gigi yang baik dan benar saja belum seratus persen mampu menghilangkan bau mulut dan plek. Maka dari itu sehabis sikat gigi, sikat juga lidah anda.
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Keterangan:
- Gunakan sikat gigi yang bulunya lembut dan pasta gigi yang tidak mengandung detergen. Kenapa begitu? Jawabannya yatu untuk meminimalisir terjadinya pembengkakan pada gusi dan gusi berdarah.
- Simpanlah sikat pada tempat yang bersih dan kering.
- Jangan menyikat gigi menggunakan sikat orang lain (1 orang 1 sikat gigi).
Demikian tips yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar, mudah-mudahan artikel yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait