Cara Mengobati Sakit Gigi secara Tradisional

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 01, 2014
Tahukah anda bagai mana Cara Mengatasi Sakit Gigi? Salah satu penyakit yang paling terkenal dan menyiksa adala sakit gigi. Sakit gigi rasanya begitu nyata sakitnya, gigi rasanya berdenyut, terkadang ditambah demam dan sakit kepala. Selain itu seseorang yang mengalami sakit gigi sangat sensitif sekali terhadap suara bising/ berisik dan juga akan mudah marah. Sangking sakitnya gigi, rasanya ingin dicopot saja giginya biar tidak sakit lagi.
Sakit gigi disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu gigi retak, berlubang, terkikis, sering makan permen karet, atau mungkin gusinya terinfeksi. Bagi anda yang sedang mengalami sakit gigi Berikut ini Cara Mengobagi Sakit Gigi secara tradisional.
Cara Mengobati Sakit Gigi secara Tradisional
- Mengobati sakit gigi dengan Bawang putih.
Menurut buku yang ditulis oleh Jude C. Todd dengan Jude’s Herbal Home Remedies, bawang putih bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi/ sakit gigi berlubang. Hal ini karena bawang putih mempunyai kandungan senyawa antiseptik. Cara mengobatinya: ambil satu siung bawang putih, kupas kulitnya dan letakkan pada gigi yang sakit. Cara tersebut anda lakukan kira-kira 5 menit, setelah itu bawang putih di keluarkan dari mulut, selanjutnya mulut dibilas menggunakan air hangat.

- Mengobati sakit gigi dengan Daun Cengkeh.
Daun cengkeh adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan untuk membuat rokok. Tetapi, sebenarnya daun cengkeh mempunyai khasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Cara mengobati sakit gigi dengna cengkeh yaitu: Beberapa helai daun cengkeh dicuci, kemudian seduh dengan air yang mendidih, setelah itu dilumatkan. Peras menggunakan kain. Selanjutnya ambil kapas dan basahi kapas tersebut dengan cairan cengkih. Sispkan ke bagian lubang gigi yang terasa sakit.

- Mengobati sakit gigi dengan Minyak cengkih.
Pada suatu penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006, telah ditemukan bahwa minyak cengkih juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit gigi.
Tetesi kapas dengan minyak cengkih, kira-kira 2-3 tetes saja setelah itu gosokkan pada gigi yang sakit. Apabila yang digunakan cengkihnya, basahi terlebih dahulu dengan air liurdengan dikunyah-kunyah lalu disumbatkan ke gigi yang berlubang.

- Mengobati Sakit gigi dengna teh Hangat.
Menurut buku yang ditulis oleh Phyllis A. Balch dengan judul Prescription for Herbal Healing, tertulis bahwa teh juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal ini karena teh panas dapat membantu membersihkan bakteri yang ada di mulut selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit sementara. Cara mengobati gigi yang sakti dengan teh hangat yaitu tempatkan teh di gusi karena in akan membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya teh hangat jangan dicampur gula.

- Mengobati Sakit Gigi dengan Cabai rawit.
Kita sering kali mendengar sebuah ungkapan kecil-kecil cabai rawit itu maksudnya biarpun kecil namun mempunyai kelebihan. Namun dalam mengatasi sakit gigi cabai rawit bukanlah sekedar sebuah ungkapan saja.  Dalam cabai rawit terkandung senyawa capsaicin yang berkhasiat sebagai pereda rasa sakit. Cara pengobatannya yaitu cabbai rawit dilarutkan ke dalam air panas, setelah itu kapas dicelupkan dan diperas sedikit selanjutnya kapas tersetut di taruh digigi yang sakit.

- Mengobati sakit gigi dengan Getah Jarak.
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman jarak salah satunya yaitu sekarang ini tanaman jarak sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif. Selain itu getah dari pohon jarak juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Cara mengobatinya yaitu dengan meneteskan getah jarak ke bagian gigi yang berlubang. Cara lain yaitu ambil getah jarak dengan kapas, lalu masukan kapas ke gigi yang berlubang.

- Mengobati sakit gigi dengan Akar Kangkung.
Mungkin kita tidak akan pernah menyangka kalau sayuran yang bila dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat ngantuk ini dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Cara mengobatinya yaitu, siapkan segenggam akar kangkung, cuka 1/2 sendok teh, rebus dengan air 1 gelas. Setelah itu berkumurlah dengan rebusan air tadi.

- Mengobati sakit gigi dengan Akar Meniran.
Akar meniran selama ini kita kenal dengan tanaman herbal yang digunakan sebagai obat sakit ginjal, hepatitis, gangguan saluran kencing dan juga disentri. Tetapi sebenarnya akr meniran juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara pengobatannya yaitu akar meniran dicuci bersih, kemudian kunyah menggunakan gigi yang terasa sakit.

- Mengobati sakit gigi dengan Sereh
Serai atau sereh selain sebagai bumbu dapur yaitu untuk pepes agar aromanya sedap juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara mengobati gigi dengan sereh yaitu 4 g sereh direbus dengan air 2 gelas hingga airnya tinggal setengah. Berkumurlah dengan ramuan tersebut.

- Mengobati Sakit Gigi dengan Es batu.
Es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi dan juga dapat mengurangi pembengkakan gigi dan gusi. Caranya: es batu dimasukkan ke dalam kantong kain kompreskan pada area sakit diankan kira-kira 5-10 menit. Cara ini dilakukan sebanyak 2 kali sehari, namun apabila kondisi tidak juga membaik, sebaiknya berobat ke dokter.

Itulah Cara mengobati Sakit gigi secara tradisional, semoga dapat bermanfaat buat anda. Untuk mencegah sakit gigi sebaiknya rajilah menggosok gigi, silahkan anda baca Cara Menggosok gigi yang baik dan benar.

Artikel Terkait