Cara Agar Gigi Sehat dan Kuat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 19, 2017
Cara Agar Gigi Sehat dan Kuat - Menjaga agar gigi tetap sehat dan kuat tidak hanya cukup dengan menggosok gigi mengkonsumsi suplemen kalsium. Sebab tidak hanya itu saja yang dibuguhkan agar gigi tetap kuat dan sehat. Tetapi diperlukan juga vitamin dan nutrisi lain agar gigi tetap kuat , sehat dan tidak keropos bahkan berlubang. Nutrisi dan vitamin tersebut bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengndung nutrisi dan vitamin yang diperlukan gigi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik agar gigi sehat dan kuat.

Cara Agar Gigi Sehat dan Kuat

- Buah Pir
Buah pir merupakan buah yang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Umumnya buah yang kandungan seratnya tinggi baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Hal tersebut dikarenakan memerlukan waktu yang lama untuk mengunyahnya, kunyahan tersebutlah yang bisa membuat tubuh untuk meproduksi saliva yang lebih banyak. Dengan begitu makan dapat membantu menetralisir zat asam yang dapat membuat gigi menjadi rusak. Untuk itu makanlah buah pir setiap maka gigi kalian akan menjadi bersih dan kuat.
Cara Agar Gigi Sehat dan Kuat 
- Buah Apel
Buah apel  merupakan buah yang renyah dan segar serta dapat membantu menstimulasi gusi, membersihkan permukaan gigi serta meningkatkan produksi saliva didalam mulutdan mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Sebaiknya sejam sesudah makan malam mengunyah satu buah apel agar bagian-bagian yang tidak terjangkau dengan sikat gigi bisa bersih.
- Buah Kiwi
Buah kiwi merupakan buah yang mengandung vitamin C yang baik. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk tubuh dapat memelihara jaringan kolagen pada gusi. Karena  jaringan kolagen dapat mencegah gusi dari adanya infeksi, selain itu bisa mempercepat penyembuhan sariawan dan menguatkan gusi.
- Seledri
Seledri merupakan sayuran renyah yang dapat dikonsumsi untuk menjaga agar bakteri dalam mulut jumlahnya minimal. Ketika mengunyah seleri mentah, maka produksi saliva menjadi meningkat itu dapat mencegah terbentuknya plak. Sebaiknya konsumsilah sebatang seledri setidaknya seminggu sekali.
- Bawang Bombay
Dengan memakan bawang bombay mungkin bisa membuat mulut berbau agak tidak sedap. Namun jika bawang bombay dimakan mentah-mentah khasiatnya sangat baik sekali untuk kesehatan gigi dan mulut. Secara alami bawang bombay dapat membersihkan tubuh serta mulut dengan cara menghilangkan bakteri yang berbahaya yang dapt membuat gigi rusak. Untuk mengkonsumsi bawang bombay kalian bisa memakannya dengan sanwich isi daging atau salad.
- Air Putih
Ternyata minum air putih dapat membantu membersihkan mulut dan juga mengeluarkan racun-racun tubuh yang dapat merusak gigi. Dengan meminum air putih maka bisa menjaga agar gusi tetap terhidrasi dan bersih dari sisa-sisa makanan. Minumlah air putih minimal 2 gelas sesudah makan agar kesehatan gigi tetap terjaga (bukan minum es sirup atau teh manis).
- Permen Karet Bebas Gula
Apabila kalian terbiasa makan permen mint atau permen manis sesudah makan, cobalah ganti dengan permen karet yang bebas gula. Manfaat permen karet yaitu dapat merangsang air liur yang bisa mempertahankan mekanisme dalam mulut supaya gigi tidak rusak dan tidak berbau.
- Keju
Apabila ingin gigi tetap sehat dan kuat, rajinlah mengkonsumsi keju. Kandungan kasein yang terdapat pada keju dapat membantu untuk menguatkan dan melindungi lapisan gigi bagian luar. Apabila gigi kalian rentan mengalami kropos atau gigi berlubang maka sebaiknya kunyahlah sedikit keju untuk cemilan agar gigi tidak kropos dan berlubang.
- Biji Wijen
Sebenarnya wijen kaya dengan kandungan kalsium. Dengan mengkonsumsi wijen tentunya bisa membantu gigi agar tetap sehat dan kuat. Selain itu manfaat biji wijen dapat menghilangkan plak yang baru terbentuk pada lapisan email gigi.
- Kakao
Ternyata bubuk cokelat banyak mengandung zat yangdapat mengurangi peradangan pada gusi, mencegah gigi berlubang dan pengikisan email gigi. Ketika anda sedang mengalami stres dan jenuh karena pekerjaan minumlah cokelat panas. Karena dengan meminum coklat panas selain membuat mood menjadi baik gigi pun akan menjadi lebih sehat. Namun perlu untuk di ingat, jangan terlalu banyak menambahkan susu atau gula ke dalam minuman coklat anda karena itu tidak menyehatkan gigi.
Nah itulah beberapa Cara Agar Gigi Sehat dan Kuat, semoga artikel tentang cara-cara tersebut dapat bermanfaat buat kalian. Baca juga artikel tentang Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Bersih.

Artikel Terkait