10 cara mencegah banjir

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 19, 2015
Banjir merupakan sebuah masalah yang sampai saat ini sering di alami. Hampir di setiap wilayah terutama di wilayah ibukota seperti Jakarta banjir sudah menjadi langganan setiap tahunnya. Selain membuat resah masyarakat banjur juga dapat mengganggu kesehatan. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang 10 cara mencegah  banjir.
10 cara mencegah banjir

1. Membuat Saluran Air
Membuat saluran air merupakan faktor penting untuk mencegah terjadinya banjir. Jika saluran air dibuat sebaik mungkin, maka pada saat musim penghujan air akan mengalir dengan baik dan tidak menumpuk yang mengakibatkan terjadinya banjir.
2. Membersihkan Saluran Air
Selain membuat saluran air, kita juga harus rajin membersihkan saluran air yang ada di sekitar kita, ini dilakukan supaya aliran air menjadi lancar. Bayangkan jika saluran air tersumbat sampah pastinya air akan muntah dari saluran air dan dapat menyebabkan terjadinya banjir.Untuk itu bersihkan lah saluran air misalanya dibersihkan seminggu sekali.
3. Membuat Bendungan
Salah satu solusi untuk mencegah banjir yaitu membuat bendungan. Tidak ada salahnya jika kita membangun bendungan di area sekitar sungai. Tujuan membuat bendungan ialah jika air yang ada di sungai melebihi kuota sungai maka akan tertahan oleh bendungan dan akan mencegah meluapnya air ke pemukiman warga.
4. Mengeruk Sungai
Di saat musim hujan tiba kuota air di sungai tentunya akan bertambah, jika sungainya dangkal maka airnya akan meluap ke pemukiman dan mengakibatkan banjir. Untuk itu agar sungai tidak dangkal perlu dilakukan pengerukan sungai agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak meluap ke pemukiman.
5. Membuang Sampah pada Tempatnya
Sampah merupakan hal yang dapat menyebabkan banjir jika di dibuang sembarangan. Misalnya jika sampah di buang di sungai maka akan membuat aliran air di sungai tidak lancar dan dapat mengakibatkan terjadinya banjir. Untuk itu kita harus sadar diri bahwa membuang sampah pada tempatnya itu sangat penting sekali.
6. Menanam Pohon
Penanaman pohon ini sangat penting sekali untuk mencegah banjir, kenapa begitu? Karena pohon itu membantu penyerapan air hujan ke tanah dengan baik. Nah jika air diserap pohon maka bahaya banjir tidak akan melanda. Nah kenapa sekarang sering banjir? Salah satunya yaitu karena banyak pohon yang ditebangi. Mulai sekarang cintailah pohon dengan menanam pohon dan merawatnya dengan baik.
7. Melestarikan hutan
Melestarikan hutan merupakan suatu hal yang sangat penting karena selain habitat para satwa hewan juga berfungsi sebagai penyerap air hujuan sehingga tidak terjadi banjir. Maka dari itu lestarikanlah hujan, jangan biarkan orang menebangi hutan secara liar agar tidak menimbulkan banjir.
8. Membuat Sumur
Sumur selain sebagai sumber air untuk kebutuhan air sehari-hari ternyata juga berfungsi untuk mencegah banjir. Dengan adanya sumur maka air hujan dapat ditampung dan diserap tanah dengan baik. Ini dapat mengurangi atau mencegah terjadinya banjir.
9. Membuat Lubang Biopori
Sekarang ini banyak sekali perumahan, yang membuat air tidak mampu diserap air dengan baik untuk itu perlu diatasi dengan membuat lubang biopori agar air dapat diserap tanah dengan baik.
10. Membikin Paving Stone
Paving stone ternyata dapat menyerap air hujan dengan baik. Untuk itu membuat paving stone sangat penting sekali untuk di  pasang di perumahan-perumahan dari pada di pelur menggunakan semen.
Itulah 10 cara mencegah banjir yang perlu anda lakukan agar banjir tidak melanda ke lokasi anda. Silahkan di lakukan upaya pencegahan banjir di atas. Semoga informasi yang saya bagikan ini dapat membantu dan mengatasi masalah banjir di tempat anda.

Artikel Terkait