Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 01, 2017
Cara Meluruskan Rambut Secara Alami - Tentunya setiap wanita ingin tampil secara maksimal setiap saat. Diantara mereka tidak jarang rela menghabiskan uangnya untuk mempercntik dirinya. Salah satunya yaitu dengan meluruskan rambut, karena wanita dengan rambut yang lurus akan terlihat lebih anggun, cantik dan elegan.
Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Sebetulnya ada banyak cara yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut, misalnya seperti smoothing, rebonding, dan banyak yang lainnya. Cara meluruskan rambut dengna cara tersebut memang cukup efektif, namun umumnya akan memberikan efek samping. Efek sampingnya yaitu rambut bisa menjadi kering, kusam, mengembang bakan bisa rontok.
Cara yang aman dan baik untuk meluruskan rambut yaitu dengan cara perawatan alami. Walaupun cara alami untuk meluruskan rambut tergolong lama, tetapi saya menjamin hasil yang diperoleh tidalah mengecewakan. Hasil dari meluruskan rambut secara alami akan lebih awet bertahan lama bahkan sampai permanen. Seperti apakah cara meluruskan rambut secara alami. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.
Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dengan Bahan Alami
* Telur dan susu
Telur dan susu adalah bahan yang efektif digunakan untuk memberikan perawatan rambut. Susu dan telur kaya akan kandungan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala, meluruskan rambut dan mencegah ketombe.
cara meluruskan rambut dengan susu dan telur:
- Sediakan sebutir telur ayam kampung, kemudian dipecah dan dipisah putihnya.
- Setelah itu tambahlah 2 cangkir susu putih tanpa ditambahi pemanis.
- Lalu oleskan masker rambut tersebut pada seluruh bagian rambut.
- Apabila sudah, tutuplah rambut dengan memakai shower cap kurang lebih selama 15 menit.
Keterangan: Kalian bisa memakai masker rambut dari susu dan telur ini 30 menit sehabis kramasdan memakai kondisioner.
* Yoghurt dan telur
Sebetulnya masker yoghurt dan telur ini hampir seperti masker susu dan telur. Tetapi jika menambahkan yoghurt maka bau amis telur akan berkurang. Selain mempunyai manfaat untuk meluruskan rambut, masker ini juga dapat memberi nutrisi rambut sampai ke akarnya.
Cara meluruskan rambut permanen dengan yoghurt dan telur:
- Sediakan satu buah telur ayam kampung serta empat hingga lima sendok yoghurt.
- Putih telur dipisahkan dari kuningnya, kemudian campurlah dengan menggunakan yoghurt secara rata.
- Sesudah selesai keramas, aplikasikan masker ini ke semua rambut.
- Pijatlah sebentar kurang lebih selama 5 menit kemudian diamkan selama 30 menit agar dapat meresap.
- Bilaslah dengan cara seperti biasa yaitu berkeramas.
* Madu dan susu
Seperti yang banyak diketahui orang bahwa madu dan susu adalah 2 bahan yang mempunyai bermacam-macam nutrisi. Dari mulai mineral hingga vitamin terkandung dalam susu dan madu. Nutrisi tersebutlah yang mempunyai manfaat yang cukup untuk meluruskan rambut secara alami.
Cara meluruskan rambut dengan madu dan susu:
- Sediakan setetes gelas susu tawar tanpa pemanis, lalu campurlah dengan dua hingga tiga sendok makan madu alami.
- Jika punya buah stroberi tumbuklah beberapa kemudian masukan ke dalam campuran tadi.
- Aduklah hingga merata, kemudian oleskan ke semua bagian rambut untuk masker.
- Masker rambut tadi diamkan kurang lebih selama 2 jam supaya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat terserap.
- Apabila telah mencapai batas waktunya, bilaslah dengan berkeramas dan lihatlah hasilnya.
* Tepung beras dan telur
Tepung beras dan telur dipercaya dapat membuat rambut menjadi lurus secara cepat. Tetapi penggunaan tepung beeras dan telur sebagai masker tidak boleh dilakukan secara berlebihan, sebab dapat mengakibatkan berbagai macam maslaah pada rambut. Mulai dari rambut patah sampai rontok. Sebaiknya pakai masker rambut tepung beras dan telur ini setiap seminggu sekali, sesudah itu pemakaian dihentikan.
Cara meluruskan rambut dengan tepung dan telur:
- Sediakan satu buah telur ayam kampung, kemudian pecahkan dan pisahkan putihnya.
- Selanjutnya campurkan sebanyak 5 sendok makan tepung beras dengan telur tadi, aduklah hingga rata dan membentuk adonan pasta.
- Cara penggunaan oleskan secara merata ke semua bagian rambut. Lalu pakailah sisir untuk meluruskan rambut.
- Diamkan kurang lebih selama sejam, kemudian dibilas menggunakan shampo yang ringan.
* Pisang dan pepaya
Saat ini sudah banyak beredar masker rambut yang berbahan dasar dari pisang dan pepaya. Apabiala kalian tidak ingin keluar banayak biaya maka kami menyarankan untuk membuatnya sendiri.
Cara meluruskan rambut dengan pisang dan pepaya:
- Siapkan mangkuk dengan ukuran sedang yang telah bersih.
- Ambilah daging pepaya dan juga pisang, kemudian letakkan di dalam mangkung secukupnya.
- Keduanya ditumbuk, kemudian diremas-remas hingga menyatu dan membentuk masker. Jika terlalu pekat bisa ditambahkan dengan air hangat.
- Tambahkan juga beberpa madu beberapa sendok makan. Kemudian masker pisang dan pepaya kalian aplikasikan ke semua bagian rambut.
- Diamkan sebentar kurang lebih selama 30 menit, kemudian bilaslah dengan kerama.
* Jeruk nipis dan santan
Jika jeruk nipis dan juga santan dicampur, maka bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Jeruk nipis dan santan tersebut bertindak sebagai kondisioner yang bisa dengan cepat meluruskan rambut.
Cara yang perlu dilakukan yaitu campurkan antara jeruk nipis dengan santan dengan takaran yang wajar. Kemudian oleskan ke semua bagian rambut kalian secara rata. Tunggulah hingga kering, lalu bilaslah dengan berkeramas seperti biasa. Supaya memperoleh hasil yang maksimal, lakukanlah maksimal 2 kali dalam seminggu.
* Gel lidah buaya
Mengenai manfaat lidah buaya tentunya sudah banyak sekali masyarakat yang mengetahuinya. Lidah buaya selain kaya akan nutrisi yang mempunyai manfaat untuk rambut, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat herbal, bahan membuat makanan dan banyak yang lainnya.
Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya:
- Sediakan sebatang lidah buaya dalam keadaan segar yang baru saja dipetik.
- Gel lidah buaya tadi dipanaskan selama beberapa menit kemudian biarkan sampai dingin.
Sesudah dingin dioleskan secara merata kesemua bagian kulit kepala untuk kondisioner. Cara ini sebaiknya kalian lakukan sesudah keramas selama 30 menit.
- Pemakaian ini secara rutin, maka akan membuat rambut menjadi berkilau dan lurus.
* Seledri
Sebenarnya meluruskan rambut menggunakan seledri cukup ampuh, tetapi cara ini agak sedikit ribet dan perlu membutuhkan waktu yang lebih. Sebab kalian perlu menjadikan seledri ekstrak jus, kemudian disimpan selama semalam.
Walaupun begitu, kaliam masih tetap bisa memakai seledri jika tertarik menggunakannya. Sesudah ekstrak jus dibuat, kemudian aplikasikan kesemua bagian rambut. Setelah itu diamkan selama semalam supaya meresap. Pada saat pagi, sisirlah rambut hingga halus dan tutuplah lagi selama setengah hari.
* Minyak kedelai
Sebenarnya minyak kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi karena mengandung omega-3 yang lumayan tinggi, membuat minyak ini tidak dianjurkan untuk dipakai memasak. Kandungan omega-3 yang tinggi tersebut menurut beberapa ahli dapat mengakibatkan peradangan hebat pada tubuh.
Walaupun begitu, pemakaian minyak kedelai secara langsung justru memberikan manfaat. Salah satu manfaat minyak kedelai yaitu dapat meluruskan rambut yang keriting secara alami.
Meluruskan rambut dengan minyak kedelai:
- Siapkan minyak kedelai dan minyak jarak seperlunya.
- Campurlah satu sendok makan minyak kedelai dan 2 sendok makan minyak jarak.
- Kemudian campuran minyak tadi dioleskan ke bagian rambut secara merata. Jika sudah pijat-pijatlah sebentar kurang lebih selama 5 menit.
- Supaya dapat meresap dengan sempurna, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah bilaslah dengna cara keramas.
* Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan sebuah minyak yang mempunyai manfaat luar biasa dan sudah bukan rahasia lagi manfaatnya. Minyak zaitun ini dipercaya bisa mengurangi resiko terkena seranangan jantung. Selain itu minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut ialah dapat meluruskan rambut dan memberikan nutrisi untuk rambut secara alami.Slain itu dapat juga membuat rambut menjadi lebih hitam.
Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun:
- Siapkan minyak zaitun secukupnya.
- Selanjutnya minyak zaitun dipanaskan beberpa menit, jangan sampai mendidih.
- Kemudian tambhkanlah secangkir daun rosemary keriting yang sudah diremas halus.
- Dinginkan minyak teersebut.
- Usapkanlah masker yang terbuat dari minyak zaitun tersebut secara rata dan menyeluruh padda rambut. Jangan lupa pijat-pijatlah sebentar, kemudian diamkan selama 30 menit supaya meresap.
- Langkah terakhir bersihkan dengan cara keramas dengan menggunakan kondisioner.
Keterangan: Apabila kalian mau mengeringkan rambut, tutuplah menggunakan handuk yang hangat dan biarkan kering sendiri.
* Minyak almond
Sesudah berkeramas, wanita biasanya memakai kondisioner. Penggunaan tersebut memang dapat menutrisi rambut, tetapi agar rambut dapat menjadi lurus secara maksimal tambahkan juga beberapa tetes minyak almond.
Selain hal itu, setelah memakai kondisioner hindarilah pemakian pengering rambut atau hair dryer. Cuku membiarkannya kering secara alami saja, sebab penggunaan pengering dapat berpotensi membuat rambut menjadi rusak.
* Minyak katsor
Sebelumnya tahukah kalian apa yang dimaksud dengan minyak katsor itu? Minyak katsor sebenarnya sama dengan minyak jarak, Cuma di daerah-daerah tertentu menyebutnya dengan minyak katsor. Minyak ini bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya yaitu digunakan untuk meluruskan rambut tanpa harus rebonding.
Cara meluruskan rambut dengan minyak jarak:
- Minyak jarak dipanaskan secukupnya saja.
- Ketika masih hangat, dioleskan ke bagian kulit kepala secara merata dan menyeluruh.
- Pijat-pijatlah kurang lebih selama 5 menit agar rileks.
- Bungkuslah kepala menggunakan handuk hangat yang telah direndam dengan air panas.
- Sesudah 30 menit, lalu dibilas dengan berkeramas.
Minyak biji jarak ini efektif sekali untuk meluruskan rambut secara alami, sebab di dalamnya tidak terdapat senyawa negatif yang bisa membuat rambut rusak.
* Cuka
Cuka ternyata dapat dimanfaat untuk meluruskan rambut. Tetapi sebainya cuka kalian gunakan untuk meluruksan rambut setelah menerapkan cara yang lain supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Apabila dipakai rutin, rambut kalian akan tampak makin berkilau alami.
Cara meluruskan rambut dengan cuka yaitu campurlah cuka dengan air putih jernih. Kemudian usap-usapkan ke rambut. Hindari memaki cuka secara langsung, sebab bisa menyebabkan peradangan. Sesudah 30 menit bersihkan dengan cara keramas.
* Jangan ikat rambut
Jika kalian telah memperoleh rambut lurus dari beberapa cara-cara diatas, maka saran dari kami rawatlah rambut dengan benar. Sebab apabila salah merawat rambut, rambut akan dapat berubah bentuk seperti semula.
Hal yang penting dalam merawat rambut agar tetap lurus salah satunya yaitu hindari ikatan. Kenapa demikian? Sebab mengikat rambut dapat membuat rambut menjadi tidak lurus secara sempurna, apalagi kalau ikatannya sangat kuat.
Sebenarnya semua cara meluruskan rambut diatas merupakan cara yang sederhana, semua itu bergantung dari niat kalian. Cara diatas tidak akan bisa berguna jika hanya dibaca saja dan tidak langsung kalian praktekkan dirumah.
Demkian Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang dapat kami berikan semoga dapat memberikan manfaat uantuk kalian. Selain meluruskan rambut untuk mempercantik diri, juga perlu memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi, untuk itu silahkan baca artikel tentang: Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Bersih.

Artikel Terkait