Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Bersih

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 09, 2017
Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Bersih - Merawat gigi bukanlah hal yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari hari kita. Untuk merawat gigi kita perlu menjaga pola makan serta minuman kita sehari hari serta membersihkan gigi agar gigi tetap putih dan bersih.
Gigi merupakan bagian tubuh kita yang sangat berarti karena memiliki daya tarik dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika gigi terlihat kuning serta hitam keropos maka bisa mengurangi daya penampilan kita dan tentunya membuat kita menjadi kurang percaya diri.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara merawat gigi agar tetap putih dan brsih.
Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Bersih
- Setiap hari sekurang-kurannya menyikat gigi sebanyak 2 kali.
Menyikat gigi sangat mutlak dilakukan 2 kali sehari agar gigi bisa bersih dari bakteri dan menyingkirkan plak yang menempel dan bisa menodai gigi.
- Hindari kopi dan makanan gula yang berlebihan
Hal tersebut karena kopi serta makanan yang gulanya berlebihan dapat menimbulkan noda kuning ada gigi. Karena itulah, hindari mengkonsumsi kopi, dan gula secara belebihan.
- Flossing
Kebanyakan orang khawatir dengan flossing sebab khawatir kalau gusinya berdarah. Tetapi jika diatasi secara hati-hati, flossing bisa membantu memberikan pelindungan terhadap kesehatan gigi dan dapat menghindarkan gigi dari munculnya noda.
- Ketika minum gunakan sedotan
Meenggunakan sedotan ketika minum dapat menghindarkan gigi dari noda. Karena dengan menggunakan sedotan minuman yang berwarna dapat langsung tertelan tanpa menyentuh segi di dalam gigi.
- Ganti sikat gigi setiap dua bulan sekali
Sikat gigi yang dipakai terlalu lama bulu sikatnya menjadi keras dan tidak beraturan atau rusak. Sikat gigi yang rusak bisa membuat susunan e-mail gigi menjadi rusak dan membuat gigi mudah ternoda. Maka dari itu gantilah sikat gigi anda setiap 2 bulan sekali.
- Kasih jarak antara sikat dengan toilet sekurang-kurangnya berjarak 5 meter.
Meskipun terdengar aneh mengenai hal ini namun sangat disarankan untuk menjauhkan partikel udara yang dihasilkan oleh sistem flush atau penyiraman. Tindakan seperti ini bisa membantu melindungi kesehatan gigi.
- Mengkonsumsi kalsium
Konsumsi kalsium secara cukup dan teratur bisa menguatkan dan memberikan perlindungan susunan gigi.
- Periksakan gigi anda ke dokter gigi secara teratur
Jika ingin mempunyai gigi yang sehat periksakan gigi anda ke dokter gigi secara teratur agar gigi sehat bersih dan kuat.
- Gunakan pasta gigi mint
Dengan pasta gigi yang mengandung mint di dalamnya bisa membantu dalam pemutihan gigi. Meskipun pemutihannya tidak secara instan tetapi jika digunakan secara teratur dapat membuat gigi menjadi putih dan bersih.
- Hindari antibiotik yang dosisnya tinggi
Antibiotik brdosis tinggi bisa mengakibatkan perubahan warna pada gigi, maka dari itulah jauhilah mengkonsumsi antibiotik jika memang tidak bergitu diperlukan.
- Jika perlu gunakan sikat gigi elektrik
Kadang orang menyikat gigi terlalu keras jika menggunakan sikat gigi manual, hal tersebut dapat menyebabkan erosi pada gusi dan bisa membuat gigi menjadi aus. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut bisa menggunakan sikat gigi elektrik yang bisa melindungi gigi anda.
- Cermati metabolisme gigi kalian
Penyebab perubahan warna pada gigi juga bisa disebabkan karena metabolisme Yang tidak benar. Perubahan tersebut bisa diatasi dengan cara memperbaiki pola makan, olahraga secara teratur serta menjauhi stres yang ekstrem.

cara merawat gigi agar putih dan bersih

Berikut ini adalah jenis makanan yang baik dan dapat membuat gigi agar tetap putih dan besih.
- Buah-buahan dan sayuran yang renyah
Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang renyah gigi anda akan menjadi lebih bersih. Hal itu dikarenakan buah dan sayuran yang renyah bisa mengangkat noda secara maksimal tanpa merusak elemen gigi. Oleh sebab itu konsumsilah sayuran dan buah setelah makan besar.
- Kulit lemon
Kalian juga dapat memanfaatkan kulit lemon untuk membuat warna gigi menjadi lebih cerah. Cara menggunakannya yaitu pertama kalian kupas buah lemon kemudian pisahkan buah lemon dengan kulitnya. Setelah itu gosokkan kulit lemon pada bagian gigi secara menyeluruh kurang lebih selama 5 menit. Kemudian sikatlah gigi kalian hingga bersih dengan pasta gigi.
- Keju
Keju, susu serta produk lain seperti yoghurt memiliki kandungan kalsium yang dapt memungkinkan gigi menjadi kuat, bersih dan putih.
- Buah Strawbery
Buah Strawbery mempunyai kandungan asam malat yang bermanfaat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih dan bersih.
- Baking soda
Menggunakan baking soda bisa menyingkirkan noda pada permukaan gigi, tetapi juga bisa mengakibatkan kerusakan gigi. Seperti halnya dengan strawberry, baking soda tidak bisa sering diaplikasikan. Sebaiknya gunakan setidaknya 2 bulan sekali. Cara untuk menyebarkan baking soda ke semua bagian permukaan gigi yaitu dengan diamkan 10 hingga 15 menit kemudian sikatlah gigi menggunakan pasta gigi sampai bersih.
Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang cara merawat gigi agar putih dan bersih, semoga dapat memberikan manfaat untuk kalian. Baca juga artikel tentang: Cara mengobati gusi bengkak.

Artikel Terkait