Bagaimana cara mencegah banjir

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 19, 2015
Banjir dapat terjadi disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Tetapi di samping itu juga disebabkan oleh ulah manusia yang melakukan penebangan hutan sehingga berkurangnya pohon sebagai tempat penampungan air. Selain itu juga disebabkan karena pembuangan sampah yang sembarangan di sungai yang membuat aliran sungai tidak lancar dan air meluap membanjiri lingkungan. Ingin tahu Bagaimana cara mencegah banjir?
Bagaimana cara mencegah banjir

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara untuk mencegah banjir:
- Buang sampah di tempatnya
- Bersihkan selokan yang ada di dekat rumah agar air dapat mengalir lancar.
- Lakukan penghijauan di tempat lahan kosong untuk penyerapan air.
- Penanaman kembali pohon atau reboisasi di hutan-hutan yang telah gundul.
BERIKUT INI ADALAH LANGKAH-LANGKAH MENGATASI BANJIR DI PERKOTAAN
Untuk mencegah, menanggulangi dan mengatasi banjir tidak hanya dapat dilakukan pemerintah saja tetapi juga perlu kerjasamanya masyarakat sekitar.
Membuat bangunan rumah menjadi lebih tinggi memang bisa menyelamatkan harta benda pada saat banjir melanda, tetapi hal tersebut bukanlah tindakan untuk mencegah banjir mendatang.  Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengatasi banjir di perkotaan.
- Membuat lubang sebagai tempat penyerapan air
Sekarang ini lahan sebagai resapan air sangatlah berkurang karena banyaknya pembangunan-pembangunan, maka dari itulah perlu di buatkan sebuah lubang sebagai serapan air agar air dapat meresap ke tanah.
- Ruang terbuka hijau diperbanyak
Setidaknya ruang terbuka hijau luasnya adalah 30 % dari luas wilayah kota. Di Indonesia hampir semua kota besar ruang terbuka hijaunya sangat minim yaitu kurang lebih sekitar 10 %.  Sangat kurang kan padahal ruang terbuka hijau ini sangatlah penting manfaatnya selain untuk penyerapan air hujan juga bermanfaat untuk kesehatan, olah raga, area bermain dan komunikasi publik.
- Mengubah perilaku masyarakat supaya tidak membuang sampah di sungai.
Dalam mengatasi banjir partisipasi semua lapisan masyarakat sangatlah penting salah satunya membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang di sungai karena dapat menghambat aliran air yang membuat meluapnya air ke permukaan sehingga banjir melanda pemukiman.
- Dibentuknya sebuah organisasi masyarakat untuk penanggulangan banjir.
Peran serta masyarakat dalam penanggulangan banjir sangatlah penting, salah satunya untuk mengambil tindakan-tindakan awal, seperti buang sampah pada tempatnya penanaman pohon dan lain-lain.
- Untuk menanggulangi banjir dilaksanakan secara bertahap, diawali dari pencegahan sebelum terjadinya banjir, kemudian penanganan ketika banjir datang dan pemulihan kembali setelah banjir.
- Pencegahan dilakukan secara menyeluruh, berupa kegiatan fisik seperti pembangunan pengendali banjir di wilayah sungai sampai wilayah dataran banjir dan kegiatan non-fisik seperti pengelolaan tata guna lahan sampai sistem peringatan dini bencana banjir.
- Pencegahan terjadinya banjir dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari kegiatan fisik sampai non fisik. Kegiatan fisik seperti pengendalian banjir dari sungai dan kegiatan non fisik seperti sistem peringatan dini tentang banjir sampai ke pengelolaan tata guna lahan.
Sekarang anda sudah tahu kan bagaimana cara mencegah banjir dan cara mengatasinya. Sekian dari saya semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait