Cara mencegah gusi bengkak

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 20, 2014
Setelah sebelumnya saya samapaikan tentant cara mengobati gusi bengkak, maka kali ini saya akan menyampaikan tentang cara mencegah gusi bengkak. Ingin tahu seperti apa cara-caranya? Berikut ini cara mencegah gusi bengkak.
Cara mencegah gusi bengkak

- Mencegah gusi bengkak dengan cara berkumur dengan obat kumur.
Untuk mencegah gusi bengkak anda dapat mengguanakn air yang dicampuri dengan baking soda atau hidrogen peroksida. Dengan cara itulah maka mulut anda, gusi anda, gigi anda akan menjadi bersih dan terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

- Minyikat gigi secara teratur.
Cara yang paling ampuh untuk mencegah gusi bengkak yaitu dengan cara menggosok gigi secara teratur. Dengan begitu gigi akan bersih dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang ada di dalam mulut. Menggosok gigi sehari minimal 2 kali sehari yaitu pada saat bangun tidur dan pada saat akan tidur. Dalam menyikat gigi jangan menggunakan sikat gigi yang kasar yang dapat melukai gusi anda, gunakan sikat gigi yang standard yang sudah ditetapkan untuk kesehatan gigi.
- Pilih makanan yang cocok
Salah satu penyebab gusi bengkak adalah dikarenakan salam memilih makanan. Misalnya makanan yang dapat menyebabkan gusi bengkak yaitu makan-maknan keras, makan daging, atau makanan yang dapat meninggalkan sisa yang menyangkut pada bagian celah gigi. Makanan yang menyangkut pada gigi nantinya akan jika tidak dibersihkana akan menjadi kuman dan dapat membuat gigi atau gusi sakit.
- Makan makanan yang berserat dan mengkonsumsi vitamin.
Kekurangan vitamin terutama vitamin C juga dapat menyebabkan gusi bengkak, maka dari itulah cukupilah asupan vitamin C agar gusi anda selalu sehat. Cara lain untuk menghiindari gusi bengkak yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan berserat misalnya mengkonsumsi sayuranhijau dan buah-buahan seperti buah apel, buah pisang. Makanan yang berserat akan membersihkan mulut anda dari bakteri yang dapat menyebabkan sakit gigi atau gusi bengkak.
Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang cara mencegah gusi bengkak. Semoga yang saya bagikan tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan anda.

Artikel Terkait